Popular Post

Popular Posts

Pengalaman yang relevan untuk agen pajak

Jika Anda mendaftar untuk mendaftarkan atau memperbarui pendaftaran Anda sebagai agen pajak individual, Anda harus memiliki cukup pengalaman yang relevan dalam memberikan layanan agen pajak.
Pengalaman yang relevan bisa meliputi pekerjaan:
  • sebagai agen pajak terdaftar
  • di bawah pengawasan dan kontrol agen pajak terdaftar
  • sebagai praktisi hukum
  • dari jenis lain yang disetujui oleh kami.

Apa yang dianggap pengalaman yang relevan

Agar pengalaman Anda dianggap sebagai pengalaman yang relevan, hal itu harus mencakup keterlibatan substansial dalam satu atau lebih jenis layanan agen pajak, atau keterlibatan substansial dalam area hukum perpajakan tertentu yang dengannya satu atau lebih jenis layanan agen pajak tersebut terkait.
Layanan agen pajak mencakup layanan yang berkaitan dengan memastikan atau memberi nasihat tentang kewajiban, kewajiban atau hak dari suatu entitas berdasarkan undang-undang perpajakan atau mewakili entitas dalam urusan mereka dengan Komisaris yang berkaitan dengan undang-undang perpajakan. Selain itu, layanan harus diberikan dalam keadaan dimana entitas dapat diharapkan untuk mengandalkan layanan tersebut untuk tujuan perpajakan.

Pekerjaan yang lain

Untuk persyaratan pengalaman yang relevan, kami dapat menerima pekerjaan selain itu:
  • sebagai agen pajak terdaftar
  • di bawah pengawasan dan kontrol agen pajak terdaftar
  • sebagai praktisi hukum.
Namun, dalam kasus ini, Anda harus menunjukkan kepada kami mengapa kami harus menerima pengalaman Anda. Kami biasanya akan menerima pengalaman asalkan Anda dapat menunjukkan bahwa pengalaman tersebut mencakup keterlibatan substansial dalam:
  • satu atau lebih jenis layanan agen pajak
  • wilayah hukum perpajakan tertentu.
'Keterlibatan substansial' berarti keterlibatan yang cukup atau cukup banyak.
Pengalaman yang telah kami terima di masa lalu di bawah kategori 'pekerjaan dari jenis lain' mencakup pekerjaan yang dilakukan sebagai guru akademis dalam undang-undang perpajakan, dan bekerja sebagai manajer pajak di sebuah perusahaan besar.
Tidak mungkin pengalaman yang hanya mencakup pekerjaan akuntansi umum akan merupakan pengalaman yang relevan untuk tujuan pendaftaran sebagai agen pajak.Selain itu, layanan seperti auditing dan insolvency umumnya tidak akan memenuhi persyaratan pengalaman yang relevan.

Jumlah pengalaman yang relevan diperlukan

Jumlah pengalaman relevan yang diperlukan akan tergantung pada kualifikasi pendidikan Anda (jika ada) dan item dalam Peraturan Layanan Agen Pajak 2009 dimana pendaftaran atau pembaharuan pendaftaran dicari. Item ini dirangkum di bawah ini: 
Item peraturan
Kualifikasi pendidikan (jika ada)
Jumlah pengalaman yang relevan
201
Kualifikasi tersier di bidang akuntansi
Setara 12 bulan penuh waktu dalam lima tahun sebelumnya
202
Kualifikasi tersier dalam disiplin selain akuntansi
Setara 12 bulan penuh waktu dalam lima tahun sebelumnya
203
Diploma atau penghargaan yang lebih tinggi dalam akuntansi
Setara dua tahun penuh waktu dalam lima tahun sebelumnya
204
Kualifikasi tersier dalam hukum
Setara 12 bulan penuh waktu dalam lima tahun sebelumnya
205
Pengalaman kerja
Setara delapan tahun penuh waktu dalam 10 tahun sebelumnya
206
Keanggotaan asosiasi profesional
Setara delapan tahun penuh waktu dalam 10 tahun sebelumnya

Menunjukkan pengalaman yang relevan untuk pendaftaran baru

Jika Anda membuat aplikasi baru untuk pendaftaran sebagai agen pajak individual, Anda harus melengkapi dan melampirkan Pernyataan pengalaman yang relevan dengan permohonan Anda.
Informasi yang terkandung dalam Pernyataan Pengalaman yang Berkaitan (SRE) harus memberikan bukti keterlibatan substansial Anda dalam satu atau lebih jenis layanan agen pajak.

Melengkapi SRE

SRE harus dilengkapi oleh agen pajak yang terdaftar diawasi Anda, kecuali jika Anda adalah praktisi hukum yang dapat menyelesaikannya sendiri.
Sebagai alternatif, Anda dapat membuat pernyataan undang-undang yang merinci layanan agen pajak yang diberikan dan alasan mengapa Anda tidak dapat memberikan SRE yang sesuai. Anda juga harus memberikan verifikasi independen atas pengalaman Anda.
Jika Anda yakin bahwa Anda memiliki pengalaman yang relevan dengan 'jenis lain' yang harus disetujui oleh kami, Anda harus mengajukan pengajuan tertulis dengan aplikasi Anda yang menguraikan pengalaman dan alasan mengapa Anda yakin itu harus disetujui.
Kami akan mempertimbangkan setiap kasus atas kelebihannya.

Verifikasi independen

Verifikasi independen dapat mencakup referensi dari agen pajak terdaftar atau duareferensi terpisah dari individu yang dapat memverifikasi jenis dan jumlah pengalaman Anda. Orang-orang lain mungkin termasuk rekan kerja atau klien. Jika Anda memberikan pernyataan resmi, ini akan membantu kami jika Anda juga memberikan verifikasi independen dari rekan kerja atau orang lain yang berada dalam posisi untuk mengomentari pengalaman Anda. Karena verifikasi harus independen, hal itu seharusnya tidak diberikan oleh anggota keluarga.
Dewan tersebut bergantung pada SRE yang diverifikasi oleh agen pajak terdaftar dan mengharapkan bantuan dalam hal ini, terutama dari agen pajak yang menjadi atasan atau pengawas pemohon. Dalam kasus di mana agen pajak terdaftar menolak untuk memverifikasi pengalaman yang relevan dari pemohon, Dewan berpandangan bahwa, tergantung pada keadaan, hal itu mungkin merupakan pelanggaran Kode Perilaku Profesional (Kode Etik). Berdasarkan Kode Etik ini, semua agen pajak terdaftar diharuskan untuk bertindak jujur ​​dan berintegritas serta menanggapi permintaan dari Dewan secara tepat waktu, bertanggung jawab dan masuk akal.

Menunjukkan pengalaman yang relevan saat memperbarui pendaftaran

Jika Anda mengajukan permohonan perpanjangan pendaftaran Anda, Anda perlu memberikan rincian pengalaman relevan Anda dalam formulir perpanjangan online.
Formulir perpanjangan online mengharuskan Anda untuk memberikan rincian berikut:
  • apakah pengalaman Anda yang relevan mencakup keterlibatan substansial dalam:
    • satu atau lebih jenis layanan agen pajak
    • wilayah hukum perpajakan tertentu yang mana satu atau lebih jenis layanan agen pajak tersebut terkait
  • periode dimana Anda menyediakan layanan tersebut
  • jumlah jam per minggu yang dihabiskan dalam menyediakan layanan tersebut (jika tidak full time)
  • perkiraan jumlah pengembalian pajak atau pernyataan yang telah Anda selesaikan
  • informasi lain yang relevan mengenai pengalaman Anda.
Anda dapat melengkapi sendiri rincian ini sebagai agen pajak terdaftar. Namun, jika Anda perlu memberikan bukti pengalaman yang diperoleh sebelum pendaftaran awal Anda sebagai agen pajak, Anda harus memberikan SRE yang diselesaikan oleh agen pajak pembimbing Anda untuk periode pengalaman yang relevan.
Terakhir diubah: 6 Juni 2016


Arung Dwi Laksono

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Aruru Write - World Of Dukre - Powered by Blogger - Edit by Aruru Daisuki -