Popular Post

Popular Posts


Apa itu blog sih?

Singkatnya, blog adalah jenis situs yang berfokus terutama pada konten tertulis , juga dikenal sebagai posting blog. Dalam budaya populer kita sering mendengar tentang blog berita atau situs blog selebriti, tapi seperti yang akan Anda lihat di panduan ini, Anda bisa memulai blog yang sukses dengan topik apa saja yang bisa dibayangkan.
Blogger sering menulis dari perspektif pribadi yang memungkinkan mereka terhubung langsung dengan pembaca mereka. Selain itu, kebanyakan blog juga memiliki bagian "komentar" dimana pembaca bisa berhubungan dengan blogger.Berinteraksi dengan pembaca Anda di bagian komentar membantu menjalin lebih jauh hubungan antara blogger dan pembaca.
Sambungan langsung ke pembaca ini adalah salah satu manfaat utama memulai sebuah blog. Hubungan ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dan berbagi gagasan dengan orang lain yang berpikiran sama. Ini juga memungkinkan Anda membangun kepercayaan dengan pembaca Anda. Memiliki kepercayaan dan loyalitas pembaca Anda juga membuka pintu untuk menghasilkan uang dari blog Anda, yang merupakan sesuatu yang saya diskusikan nanti dalam panduan ini.

Haruskah Anda memulai sebuah blog?


Salah satu kesalahpahaman tentang memulai sebuah blog adalah Anda perlu menjadi penulis hebat untuk menjadi sukses. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran.Orang-orang membaca situs blog untuk mendapatkan perspektif pribadi mengenai berbagai hal, sehingga kebanyakan blogger menulis dengan gaya yang sangat informal dan percakapan.
Selain itu, Anda tidak perlu menjadi ahli dalam topik Anda agar bisa memiliki blog yang sukses. Misalnya, pembaca blog memasak tidak ingin membaca buku teks dari ilmuwan makanan, mereka ingin mendengar pengalaman seseorang yang benar-benar memasak makanan, kesalahan, dan sebagainya.
Agar sukses sebagai blogger ada satu syarat saja: gairah untuk topik anda.
Intinya, blogging adalah tentang berbagi pengetahuan dengan dunia. Memilih topik yang Anda sukai membuat proses memulai blog yang sukses jadi lebih mudah.Menulis tentang lebih dari satu topik juga sangat baik. Selama Anda menulis tentang hal-hal yang benar-benar Anda minati, gairah Anda akan bersinar dan membuat pembaca Anda tertarik.
Jadi mengapa Anda pergi ke masalah blogging? Ada beberapa alasan:
  • Menghasilkan uang dari rumah. Blogging bisa sangat menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Blogger top di dunia jelas mendapatkan cukup sedikit, tapi bahkan blogger paruh waktu dapat mengharapkan untuk menghasilkan keuntungan yang bagus jika semuanya dilakukan dengan benar.Bagian terbaiknya adalah bahwa blogging adalah bentuk pendapatan pasif, karena Anda bisa menghabiskan beberapa jam seminggu untuk menulis posting blog dan kemudian terus menghasilkan uang darinya lama setelah posting blog ditulis. Aku pergi ke lebih rinci tentang bagaimana blog untuk uang nanti dalam panduan ini.
  • Bagikan ceritamu Sebuah blog memungkinkan Anda untuk memiliki suara dan didengarkan. Anda dapat berbagi cerita dengan seluruh dunia jika Anda memilihnya. Salah satu cara blog yang paling umum digunakan adalah sebagai buku harian tempat blogger menulis tentang pengalaman sehari-hari mereka sehingga teman, keluarga, dan orang lain semuanya bisa menjadi bagian dari kehidupan mereka.
  • Pengakuan untuk diri sendiri atau bisnis Anda. Tidak, Anda mungkin tidak akan memiliki paparazzi mengikuti Anda karena posting blog terbaru Anda. Tapi blog yang sukses bisa memberi Anda satu ton pengakuan di bidang Anda masing-masing. Banyak blogger dikenal sebagai ahli hanya karena blog mereka, dan beberapa bahkan sudah mendapatkan penawaran buku dan film berdasarkan blog mereka.
  • Temukan sebuah komunitas. Blogging di hatinya bersifat interaktif. Anda menulis posting blog dan komentar orang di atasnya. Ini adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang yang tertarik dengan hal yang sama seperti Anda. Blogging memungkinkan Anda untuk mengajarkan orang-orang ini berdasarkan pengalaman Anda, dan ini memberi Anda kesempatan untuk belajar dari pembaca Anda juga.
Kabar baiknya adalah bahwa internet meledak dengan pertumbuhan sekarang.Lebih banyak orang daripada yang pernah online. Ledakan pertumbuhan ini berarti lebih banyak pembaca potensial untuk blog Anda. Singkatnya, jika Anda berpikir untuk memulai sebuah blog maka tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang.


Langkah 1: Pilih nama blog

Langkah pertama untuk menemukan nama blog yang baik adalah memilih topik Anda.
Jika Anda tidak yakin apa yang harus blog tentang, ada beberapa cara untuk menemukan topik blog yang baik :
  • Hobi & nafsu. Hobi atau minat lain yang Anda sukai adalah tempat yang tepat untuk memulai. Memasak, bepergian, fashion, olahraga, dan mobil adalah contoh klasik. Tetapi bahkan blog tentang hobi yang lebih tidak jelas bisa sukses, karena audiens Anda benar-benar orang di dunia dengan internet.
  • Pengalaman hidup. Setiap orang memiliki pelajaran yang telah mereka pelajari melalui pengalaman hidup. Berbagi pengetahuan ini bisa sangat membantu orang lain dalam situasi yang sama. Sebagai contoh, saya baru saja membantu seorang wanita memulai blognya tentang menjadi istri pemadam kebakaran. Dia memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan untuk berbagi dengan orang lain tentang topik ini, dan ini membantunya terhubung dengan orang lain dalam situasi yang sama.
    Pikirkan hal-hal yang Anda alami dalam hidup. Ini bisa berhubungan dengan keluarga Anda (contoh: blog tentang menjadi ibu rumah tinggal), bekerja (sebuah blog tentang pengalaman berurusan dengan klien), atau pengalaman hidup lainnya (sebuah blog tentang menghadapi saat-saat sulit seperti penyakit atau perceraian, atau tentang waktu bahagia seperti mempersiapkan pernikahan atau kelahiran anak). 
  • Blog pribadi Blog pribadi adalah blog semua tentang Anda. Ini akan mencakup berbagai topik, dari hal-hal yang Anda lakukan setiap hari, hingga pemikiran dan renungan acak. Ini adalah cara yang bagus untuk berbagi pemikiran dengan dunia tanpa harus tetap berpegang pada satu topik saja.
Setelah Anda memiliki topik saatnya memilih nama blog Anda.
Nama blog yang bagus harus deskriptif sehingga pembaca potensial dapat langsung menceritakan apa blog Anda tentang hanya dari namanya.
Jika Anda blogging tentang satu topik tertentu maka Anda pasti ingin memasukkannya ke dalam beberapa cara dalam nama blog Anda. Cobalah untuk tidak menutup telepon hanya dengan satu kata. Misalnya, blog memasak tidak harus memiliki kata "memasak" di dalamnya. Kata "makanan", "resep", dan "makanan" juga akan memberi tahu orang bahwa blog Anda tentang memasak.
Jika Anda berencana membuat blog pribadi tempat Anda mendiskusikan berbagai topik, sebaiknya gunakan nama Anda, atau beberapa variasi, karena blog Anda adalah semua tentang Anda. Sebagai contoh, saya memiliki blog scottchow.com.

Anda juga bisa menambahkan nama tengah atau tengah awal jika ternyata nama Anda sudah diambil. Atau Anda bisa menggunakan variasi seperti "Scott Chow Blog" atau "Blogging with Scott".
Setelah Anda memiliki beberapa ide nama blog Anda harus memilih ekstensi domain .
Ekstensi domain .com adalah pekerjaan yang paling disukai, tapi .net atau .org juga. Penting juga untuk dicatat bahwa untuk tujuan domain blog Anda tidak dapat memiliki spasi di antara kata-kata. Jadi "Blogging with Scott" menjadi bloggingwithscott.com
Sekarang setelah Anda mendapatkan nama Anda dan memilih perpanjangan saatnya untuk memastikan tidak ada orang lain yang mendaftarkan nama yang sama:

Jika Anda menemukan bahwa nama yang Anda inginkan sudah ada, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:
  • Coba ekstensi domain yang berbeda. Jika versi .com sudah terdaftar, Anda mungkin masih bisa mendapatkan versi .net atau .org dari nama blog Anda.
  • Tambahkan kata-kata kecil. Kata-kata seperti "a", "my", atau "the". Misalnya, situs ini disebut TheBlogStarter.com bukan BlogStarter.com.
  • Tambahkan tanda hubung di antara kata-kata. Misalnya, scott-chow.com

Langkah 2: Dapatkan blog Anda secara online

Sekarang setelah Anda mendapat nama memilih waktunya untuk mendapatkan blog Anda secara online. Ini kedengarannya sulit atau teknis, tapi langkah-langkah di bawah ini akan memandu Anda melewati dan mempermudah prosesnya .
Agar blog Anda aktif dan berjalan Anda memerlukan dua hal: blog hosting dan software blogging. Kabar baiknya adalah bahwa ini biasanya dikemas bersama.
Host blog adalah perusahaan yang menyimpan semua file untuk blog Anda dan mengirimkannya ke pengguna saat mereka mengetikkan nama blog Anda. Anda harus memiliki host blog agar bisa memiliki blog .
Anda juga perlu memiliki perangkat lunak untuk membangun blog Anda. Dalam panduan ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membangun sebuah blog menggunakan perangkat lunak blog WordPress, karena ini adalah yang paling populer, mudah disesuaikan, dan mudah digunakan.
Tuan rumah blog yang saya sarankan, dan yang saya tunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggunakan panduan ini, adalah BlueHost . Saya pribadi menggunakan BlueHost dan saya merekomendasikan mereka untuk semua blogger baru karena:
  • Mereka akan mendaftarkan nama blog Anda untuk Anda secara gratis, memastikan tidak ada orang lain yang bisa menerimanya.
  • Mereka menawarkan instalasi sederhana dan sederhana dari perangkat lunak blog WordPress (yang saya tunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggunakannya dalam panduan ini).
  • Mereka telah direkomendasikan oleh WordPress sejak tahun 2005 dan saat ini menampung lebih dari 2 juta blog dan situs web.
  • Mereka memiliki layanan pelanggan 24/7 yang membantu melalui telepon atau chat web.
  • Mereka memiliki garansi uang kembali jika Anda tidak puas dengan alasan apapun.
Gunakan tautan BlueHost di situs ini untuk memastikan Anda mendapatkan harga diskon khusus sebesar $ 2,75 per bulan. BlueHost mengkompensasikan saya saat Anda membeli melalui link saya, jadi layanan saya gratis bagi Anda! Sebenarnya, jika Anda memiliki masalah sama sekali dalam menyiapkan blog Anda dengan tutorial ini, cukup hubungi saya dan saya akan melakukannya untuk Anda.

1. Klik di sini untuk tarif $ 2,75 per bulan khusus di BlueHost dan kemudian klik "mulai sekarang".

2. Pilih rencanamu. Sebaiknya blogger baru mendapatkan basic plan.Klik "Pilih" untuk memilih rencana Anda.

3. Ketik nama domain Anda di kotak sebelah kiri lalu klik "next" untuk memulai proses registrasi.

  • Jika Anda sudah memiliki nama domain dan ingin menggunakannya untuk blog Anda, ketik domain Anda yang ada di kotak kanan dan kemudian klik "next".Gunakan saja kotak yang tepat jika sebelumnya Anda telah membayar untuk mendaftarkan domain!

4. Isi rincian tagihan Anda di halaman registrasi.

5. Anda juga perlu memilih paket dan opsi hosting Anda.

  • Paket 36 bulan ini memberi Anda tarif bulanan terendah, sedangkan paket 12 bulan memiliki biaya di muka yang lebih rendah. Ingat, Anda bisa membatalkannya kapan saja.
  • Saya tidak mencentang kotak di samping produk lain saat saya mendaftar. Anda selalu bisa mendapatkan produk ini nanti jika Anda memutuskan bahwa Anda memerlukannya.

6. Anda kemudian perlu membuat kata sandi untuk akun Anda. Setelah Anda melakukannya, perangkat lunak blog Anda akan dipasang secara otomatis. Klik "Log Ke WordPress" untuk dibawa ke blog anda.

Anda juga harus menerima email dengan rincian log-in blog Anda. CATATAN : Rincian login untuk blog Anda akan berbeda dari pada akun BlueHost Anda).
Mengalami masalah dalam memasang blog anda? Dapatkan bantuan di sini 

Langkah 3: Sesuaikan blog Anda

Masuk

Untuk mulai dengan, Anda perlu masuk ke blog Anda. Buka http://www.yourblog.com/wp-admin untuk membuka layar masuk (ganti "yourblog.com" dengan nama domain Anda). Jika Anda tidak yakin dengan nama login atau kata sandi Anda, periksa email yang dikirimkan kepada Anda dari BlueHost yang berisi informasi ini.

Mengubah desain blog anda

Setelah masuk, Anda akan berada di area administrator WordPress. Di sinilah Anda bisa membuat perubahan yang Anda inginkan ke blog Anda.
Setiap orang memiliki gagasan yang berbeda tentang bagaimana mereka ingin agar blog mereka terlihat. Salah satu hal hebat tentang blog WordPress adalah Anda dapat mengubah keseluruhan tata letak dan desain hanya dengan beberapa klik.
Di WordPress, layout blog dikenal sebagai "Themes". Apa itu tema blog? Tema mengontrol seluruh desain blog Anda. Untuk mengubah tema Anda, Anda akan mengklik tab "Appearance" di menu sebelah kiri.
Anda akan melihat beberapa tema yang sudah terpasang di blog Anda: Twenty Seventeen, Twenty Sixteen, dll. Ini adalah tema yang dirancang dengan baik dan bersih yang dapat bekerja untuk semua jenis blog. Sebenarnya, banyak blogger top dunia menggunakan salah satu dari tema-tema ini.
Kecuali Anda memiliki desain yang sangat spesifik dalam pikiran untuk blog Anda,saya sarankan Anda menggunakan salah satu tema ini untuk memulai .Sebagai contoh, mari kita gunakan tema "Twenty Twelve". Untuk mengaktifkan tema di blog Anda, arahkan kursor ke tema dan klik tombol "Aktifkan". Itu dia! Anda telah mengubah keseluruhan desain blog Anda hanya dengan sekali klik!
Jika Anda tidak menyukai tema yang sudah terpasang, Anda dapat dengan mudah memilih dari ribuan tema gratis lainnya. Untuk memasang tema baru, klik tab "Appearance" di menu sebelah kiri lalu klik "Add New".
Ini adalah layar pencarian tema. Dengan mengeklik "Filter Fitur", Anda dapat menelusuri berdasarkan warna, tata letak, dan lainnya. Centang kotak yang Anda inginkan lalu klik "Apply Filters".
Sekarang Anda bisa menelusuri tema yang memiliki karakteristik yang Anda inginkan. Bila Anda menemukan yang Anda suka klik tombol "Install" biru.
Setelah theme terinstall klik "Activate" untuk mengaktifkan theme di blog anda.Untuk melihat tema baru Anda beraksi, pergilah ke blog Anda dan lihatlah!
Mengubah tema Anda adalah cara termudah untuk menyesuaikan blog Anda, namun ada banyak penyesuaian lain yang dapat Anda lakukan. Lihat posting lengkap saya tentang menyesuaikan blog Anda untuk panduan langkah-demi-langkah yang mendalam . Anda juga bisa menonton video di akhir panduan ini untuk melihat saya benar-benar menyesuaikan blog dari awal. 

Langkah 4: Tulis & publikasikan posting pertama anda!

Sekarang blog Anda sudah habis dan menjalankannya untuk benar-benar melakukan blogging!
Pergi ke menu kiri dan klik "Posts".
Anda akan melihat sudah ada posting di sana. Ini adalah posting default di setiap blog WordPress baru, dan kita tidak membutuhkannya. Untuk menghapusnya klik "Sampah" tepat di bawah pos.
Untuk mulai menulis posting baru, klik link "Add New".
Anda sekarang berada di layar editor posting. Masukkan judul posting Anda di kotak atas dan kemudian mulai menulis posting Anda di kotak bawah.
Jika Anda ingin menambahkan gambar ke posting Anda, klik pada tombol "Add Media" dan klik "Select Files" untuk mengupload gambar dari komputer Anda.Anda bisa melakukan penyesuaian terhadap ukuran gambar pada layar berikutnya.Bila sudah siap klik "Insert into post" untuk menambahkan gambar.
Setelah selesai posting Anda cukup klik tombol "Publikasikan" di sisi kanan layar untuk mempublikasikannya.

Penerbitan Blog Anda

Bahkan setelah Anda menulis posting blog Anda mungkin masih menunjukkan halaman "Coming Soon".
Bila Anda siap untuk membuat blog Anda umum klik link di dekat bagian atas untuk menghapus halaman "Coming Soon".
Selamat! Anda sekarang tahu bagaimana mempublikasikan konten di blog Anda!

Langkah 5: Promosikan blog anda

Membuat blog yang dirancang dengan baik dan menulis konten hebat hanyalah permulaan. Untuk mendapatkan pembaca blog Anda, Anda perlu meluangkan waktu untuk mempromosikannya, terutama saat Anda memulai pertama kali.
Salah satu cara favorit saya untuk mendapatkan pembaca ke blog saya adalah dengan memasang tautan di akun media sosial saya seperti Facebook dan Twitter.Ini bagus, karena teman Anda tidak hanya melihat linknya, tapi jika teman Anda berbagi link dengan teman mereka maka otomatis akan mengalikan pembaca Anda. Jika Anda telah membuat konten berkualitas tinggi di blog Anda, maka media sosial adalah cara yang bagus bagi blog Anda untuk menjadi virus.
Selain mendapatkan pembaca baru ke blog Anda, Anda juga ingin memastikan pembaca Anda saat ini kembali. Di sinilah pemasaran email berperan besar.Dengan mengumpulkan alamat email pengunjung Anda (dengan izin mereka tentu saja), Anda kemudian dapat memberi tahu mereka saat Anda memposting sesuatu yang baru di blog Anda. Hal ini membuat orang kembali ke blog Anda, yang tidak hanya memberi Anda lebih banyak pembaca dari waktu ke waktu, ini juga memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pembaca Anda.
Pemasaran email terlalu besar untuk dibahas dengan baik di sini, jadi saya membuat panduan terpisah untuk pemasaran email bagi mereka yang tertarik (petunjuk: setiap blogger yang menginginkan lebih banyak pembaca perlu membaca panduan ini).
Untuk tips lebih lanjut tentang mempromosikan blog Anda pastikan untuk melihat panduan mendalam saya tentang promosi blog . 

Langkah 6: Menghasilkan uang dari blogging

Setelah Anda telah menempatkan dalam upaya menciptakan konten blog yang bagus dan mempromosikan blog Anda, menghasilkan uang dari blog Anda sebenarnya adalah bagian yang mudah.
Ada beberapa cara agar Anda bisa menghasilkan uang dari penjualan, menjual produk atau layanan Anda sendiri, untuk mendapatkan bayaran untuk menulis ulasan produk di blog Anda. Tapi cara termudah untuk menghasilkan uang dari blog Anda adalah dengan menjual ruang iklan.
Begitu Anda memiliki blog yang populer, pengiklan akan mengganggumu untuk kesempatan beriklan. Cara terbaik untuk memanfaatkan situasi ini adalah dengan menggunakan Google Adsense. Mereka menemukan pengiklan untuk Anda dan yang harus Anda lakukan adalah menempatkan kode Google Adsense di blog Anda untuk mulai menjalankan iklan. Google Adsense mengambil semua kerja keras dari proses dan hanya memotong Anda cek.

Source:https://www.theblogstarter.com/

Arung Dwi Laksono

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Aruru Write - World Of Dukre - Powered by Blogger - Edit by Aruru Daisuki -