- Home >
- BAGAIMANA MEMULAI DAN MENGOPERASIKAN BISNIS IMPOR / EKSPOR ANDA
BAGAIMANA MEMULAI DAN MENGOPERASIKAN
BISNIS IMPOR / EKSPOR ANDA SENDIRI DI RUMAH
Apa cara yang baik untuk membangun bisnis yang sukses dari nol dan bersenang-senang melakukannya? Bisnis impor / ekspor bisa jadi jawaban Anda. Tidak hanya memerlukan sedikit investasi finansial untuk memulai, tapi juga menawarkan prestise bekerja dengan klien dari seluruh dunia.
Apa cara yang baik untuk membangun bisnis yang sukses dari nol dan bersenang-senang melakukannya? Bisnis impor / ekspor bisa jadi jawaban Anda. Tidak hanya memerlukan sedikit investasi finansial untuk memulai, tapi juga menawarkan prestise bekerja dengan klien dari seluruh dunia.
Anda
tidak membutuhkan pengalaman sebelumnya di lapangan, tapi Anda harus memiliki
kepala yang baik untuk mengaturnya. Memenuhi bisnis impor / ekspor yang
sukses memerlukan perhatian terus-menerus pada sedikit detail.
Apakah
Anda tahu beberapa produsen lokal mencari cara untuk meningkatkan pasar mereka
untuk barang yang mereka hasilkan? Atau apakah Anda merencanakan
perjalanan ke luar negeri dan ingin membuat beberapa kontak untuk mendirikan
bisnis?
Jika
Anda memiliki kemampuan untuk menjual, dan udara diplomasi, bisnis impor /
ekspor mungkin tepat untuk Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah keinginan dan
tekad untuk membuatnya berhasil.
Seiring
kemajuan Anda dalam bisnis, banyak faktor menjadi jelas dan mudah ditangani. Misalnya,
Anda harus menemukan seseorang untuk menangani pengiriman, yang disebut freight
forwarder.Dan Anda harus menciptakan kontak yang solid dan hubungan yang kuat
dengan pemasok terpercaya. Tapi setelah beberapa saat, Anda bisa berjalan
dengan baik dalam menghasilkan pendapatan yang cukup besar - dengan biaya
overhead yang sangat rendah.
Apakah
Anda menyukai gagasan menjalankan bisnis Anda sendiri? Bagaimana Anda
ingin perjalanan dikurangkan dari pajak ke tempat-tempat asing beberapa kali
dalam setahun?Keuntungan dari bisnis impor / ekspor sangat bagus.
Keuntungan
terbesar adalah uang yang akan Anda hasilkan. Begitu Anda memulai bisnis,
komisi untuk menyiapkan penjualan sangat menguntungkan. Dan setelah Anda
menetapkan dan mempertahankan sejumlah akun eksklusif, Anda akan menemukan
bahwa waktu yang Anda habiskan sangat dihargai dengan uang.
Lihatlah
bisnis impor / ekspor. Pertimbangkan risikonya, dan pertimbangkan
keuntungannya.Bicaralah dengan orang-orang dalam bisnis. Apakah untukmu?
Dari semua produsen di Amerika Serikat,
hanya sebagian kecil yang mendistribusikan barang di luar Amerika Utara. Barang
yang memang mencari pasar luar negeri adalah ekspor. Di sisi lain, apapun
yang diproduksi di luar negeri dan dibawa untuk dijual, diimpor.
Meskipun
tampaknya jelas bahwa semua produsen menginginkan pasar di seluruh dunia,
tidaklah mudah bagi perusahaan yang terbatas dalam cakupan dan kemampuannya. Di
situlah Anda masuk
Agen
impor / ekspor adalah mak comblang. Produsen barang dalam negeri mencari
distribusi asing; produsen asing menginginkan pasar Amerika Serikat. Anda
perlu menemukannya, membuat koneksi yang solid, dan menjalin hubungan bisnis
dengan perusahaan-perusahaan ini.
Komisi
agen umumnya sekitar sepuluh persen. Sekarang, pikirkan sepuluh persen
dari $ 500.000 atau sepuluh persen dari satu juta. Meskipun itu mungkin
tampak seperti pesanan besar, tidak akan, jika Anda berbicara tentang mesin,
bahan baku, atau komputer.
Pasar
tidak terbatas dan ada ratusan produsen yang mencari distribusi asing. Alat
olah raga, jam, permainan elektronik, radio, peralatan rumah tangga, pakaian,
peralatan - apapun dapat dengan mudah diimpor atau diekspor jika ada permintaan
konsumen dan jika Anda bisa mendapatkan produknya.
Pemerintah
Amerika Serikat mendorong ekspor. Memang, penjualan itulah yang menjaga
keseimbangan pembayaran dengan sejumlah besar barang yang diimpor. Dan
Anda akan menemukan agen pemerintah membantu dalam membangun bisnis Anda.
Anda bisa memulai bisnis impor / ekspor
Anda di rumah dengan telepon. Anda memerlukan sistem berkas, kartu nama,
dan mesin untuk menjawab panggilan telepon. Begitu Anda pergi, Anda pasti
menginginkan alamat situs web atau nomor faks.
Dan
Anda memerlukan logo yang berkelas. Sampai Anda membuat kontak pribadi,
itu adalah logo Anda yang mewakili Anda. Jadikan itu terlihat profesional. Jika
Anda tidak bisa melakukannya sendiri, mintalah seorang desainer logo untuk
melakukannya. Anda dapat menemukan banyak dari mereka secara online dengan
harga yang sangat terjangkau.
Lebih
dari peralatan kantor, Anda memerlukan tekad untuk membuatnya bekerja. Ini
akan menjadi lambat pada awalnya, dan Anda perlu merencanakan langkah Anda,
membuat kontak dan MENJUAL DIRI SENDIRI. Tapi begitu Anda membuat beberapa
penjualan dan menandatangani beberapa kontrak eksklusif bernilai uang, Anda
akan tahu bahwa dedikasinya bermanfaat.
Langkah terpenting dalam menyiapkan bisnis
Anda adalah menemukan kontak. Anda mungkin memiliki saudara di negara
asing; Anda mungkin sering mengunjungi dan menjalin hubungan bisnis di
suatu negara. Atau, Anda mungkin hanya memiliki perasaan untuk apa yang
akan menjual di mana. Seseorang yang terus mendapat informasi baik di
dunia bisnis dapat mengambil dan mengendarai tren dunia yang paling banyak.
Konsulat
asing yang berada di Amerika Serikat memiliki atase komersial yang ingin
mendirikan gerai di AS, dan mereka adalah tempat yang baik untuk memulai. Terkadang
konsulat ini dapat membantu Anda menemukan indeks perusahaan impor / ekspor
mereka sendiri.
Kedubes
Amerika Serikat di luar negeri adalah tempat lain untuk menemukan kontak untuk
distribusi komersial. Mereka dapat membantu Anda mencari tahu tentang
solvabilitas dan reputasi perusahaan.
Cara
lain untuk menjalin kontak adalah melalui Kamar Dagang setiap kota yang Anda
bidik.
Mulai
kecil - jangan mengatasi dunia. Di mana Anda ingin menjual barang-barang
Amerika yang mungkin ada dalam pikiran Anda? Negara mana yang memiliki
barang dagangan yang ingin Anda impor? Cari tahu tentang negara, apa yang
mereka tawarkan, dan apa yang umumnya diminati.
Kemudian
siapkan kampanye surat besar
Hati-hati
saat Anda menggunakan email. Jangan mengirim email massal menggunakan
surat massal karena akan menyebabkan Anda masuk daftar hitam, karena Anda
mungkin tergolong spamming. Kirim hanya satu email sekaligus ke semua
kontak Anda.
Untuk
setiap kontak yang mungkin, tuliskan surat yang memperkenalkan perusahaan Anda,
mintalah nama dan alamat perusahaan yang tepat untuk dihubungi. Mintalah
agar pemberitahuan dipublikasikan dalam buletin bulanan atau diposting di
tempat yang sesuai.
Dari
nama yang Anda dapatkan kembali, tulis surat lain, lagi perkenalkan diri Anda,
dan tanyakan informasi tentang perusahaan mereka. Anda bisa menggunakan
kuesioner, yang mengisi dan mengundang tanggapan.
Barang
apa yang ingin mereka impor? Produk apa yang sekarang diimpor dan
bagaimana distribusinya? Apakah perusahaan memiliki wilayah tertentu,
apakah memiliki perwakilan penjualan, cabang di kota lain? Apa rincian
dasar operasi - sejarah, aset dan kewajiban, rencana pertumbuhan.
Minta
informasi apa pun yang Anda butuhkan, untuk mencari tahu apa yang akan mereka
beli dan apa yang harus mereka jual. Jika perusahaan itu pabrikan,
mintalah contoh atau katalog, fakta dan angka distribusi asing saat ini, dan
permintaan produk di negara mereka sendiri.
Teruslah diinformasikan. Baca semua
yang bisa Anda temukan tentang perdagangan dunia.Lihatlah publikasi dagang , surat kabar
internasional, majalah berita, dan laporan keuangan. Siapa yang menjual
apa kepada siapa? Meskipun pasar untuk pesawat buatan Amerika dijahit, ada
ribuan produsen berukuran sedang sampai kecil di setiap negara bagian serikat
pekerja.
Anda
bisa mendapatkan barang untuk dijual, tapi Anda harus yakin untuk belajar di
mana mereka diminati dan bisa mendapatkan harga untuk membuat ekspor menjadi
layak. Kuesioner Anda akan memberi tahu Anda lebih jauh dan membaca jurnal
yang diterbitkan oleh negara tersebut - dan banyak tersedia dalam bahasa
Inggris. Apakah publikasi ini mengkonfirmasi keinginan untuk produk
tertentu?
Pasar
Amerika untuk produk impor berfluktuasi dengan nilai dolar dibandingkan dengan
nilai mata uang masing-masing negara. Dan, harga impor mencerminkan hal
itu secara langsung. Bisakah konsumen Amerika mampu membayar harga barang
impor tertentu? Atau akankah mereka?
Menemukan
pasar yang tepat sama pentingnya dengan fakta-fakta aktual dalam membuat
kesepakatan dan penjualan barang. Apa yang menurut Anda akan laku? Jika
Anda melakukan beberapa penelitian cermat dan memikirkan trennya, Anda akan
bisa menghasilkan ratusan produk untuk diimpor dan diekspor.
Bisnis
impor / ekspor sebenarnya lebih kecil dari perkiraan Anda. Hanya ada beberapa
bisnis ini - itulah sebabnya ada banyak ruang untuk lebih.
Membangun hubungan bisnis yang baik dengan
bank lokal yang menangani bisnis internasional.Bankir pribadi Anda akan
menindaklanjuti transaksi asing yang sebenarnya, dan akan membantu agar kredit
Anda tetap berjalan. Sebenarnya, itu adalah salah satu faktor terbaik
dalam bisnis impor / ekspor. Selain perlengkapan kantor dan korespondensi,
atau kemungkinan perjalanan bisnis, Anda tidak memerlukan pengeluaran uang tunai
pribadi. Yang Anda butuhkan adalah kredit yang bagus dan reputasi yang
baik.
Bankir
Anda adalah manajer kredit Anda dan akan memberi Anda saran dan referensi
berharga saat Anda berurusan dengan produsen dan distributor Amerika dan asing.
Instansi
Pemerintah Amerika Serikat adalah tempat yang tepat untuk mencari pertolongan. Badan-badan
ini mempromosikan bisnis impor / ekspor, dan menerbitkan banyak buklet dan
pamflet kecil.Mereka juga mendistribusikan laporan yang terus diperbarui
mengenai pasar luar negeri, perdagangan dan pembiayaan.
Bacalah
sumber informasi ini dan temukan secara khusus tentang ekspor, survei global
dan pedoman pengiriman laut. Jadilah akrab dengan laporan pangsa pasar,
undang-undang dan peraturan saat ini, dan fasilitas promosi pemerintah.
Sewaktu Anda melanjutkan korespondensi
Anda dengan perusahaan asing, bangunlah hubungan baik dengan perwakilan mereka. Turunkan
beberapa perusahaan - mungkin di negara yang sama atau wilayah serupa - sesuai
kebutuhan mereka. Apa dua atau tiga produk yang paling diminati?
Pertimbangkan
metode distribusi mereka. Anda mungkin bisa bekerja secara langsung dengan
pedagang grosir perusahaan pengimpor luar negeri. Komisi Anda akan lebih
rendah, tapi Anda tidak perlu menangani sebanyak mungkin hal-hal khusus, dan
mereka akan mengurus distribusi.
Atau,
Anda mungkin perlu menyediakan katalog dan contoh, bekerja dengan jaringan
perusahaan kecil, atau perwakilan penjualan dari konglomerat yang lebih besar.
Biaya
tertinggi yang bisa Anda kumpulkan adalah untuk bahan baku yang diambil dari
sumbernya dan dikirim langsung ke produsen. Tapi Anda harus yakin dengan
kuantitas yang terjamin dan kemampuan meneruskannya.
Jika
Anda mengimpor barang, Anda harus mencari distributor AS yang dapat menangani
jumlah barang dengan harga cukup tinggi agar Anda dapat menguntungkannya. Satu
gerai ritel tunggal atau dua tidak cukup untuk membuat waktu Anda berharga. Lihatlah
bagaimana pembeli bekerja dan membuat kontak di rantai ritel yang lebih besar
jika Anda memiliki barang dagangan eceran.
Ada ratusan produsen Amerika dengan
distribusi terbatas mencari pasar luar negeri. Mengekspor barang mereka
adalah tempat untuk memulai bisnis Anda.
Anda
memiliki banyak kualitas penjualan untuk meyakinkan produsen untuk melibatkan
Anda sebagai satu-satunya agen ekspor. Anda memiliki kontak asing dan
mengetahui permintaan akan barang tertentu. Anda akan menangani penjualan,
dokumen, uang, semua pengiriman, bea cukai, dan distribusi luar negeri.
Para
produsen sebagai gantinya memberikan kutipan, dan Anda memasukkan biaya Anda di
atas itu - Anda tidak memerlukan biaya apapun.
Produsen
memiliki segalanya untuk mendapatkan - peningkatan penjualan, pasar yang lebih
luas, dan keuntungan lebih. Dan Anda memiliki segalanya untuk mendapatkan
- membangun bisnis Anda, sebuah komisi mengenai biaya barang. Itu adalah
dasar dari hubungan bisnis yang kuat dan pengaturan yang saling menguntungkan.
Hubungi
produsen lokal terlebih dahulu dan kemudian pindah ke wilayah yang lebih luas. Anda
dapat membuat kontak ini melalui telepon, secara langsung, atau dengan
pengenalan pribadi dari kontak yang mungkin sudah Anda miliki. Atau, Anda
bisa beriklan di publikasi bisnis dan surat kabar.
Sebelum
Anda menandatangani perjanjian hukum, pastikan untuk memeriksa reputasi
perusahaan.Sudah berapa lama dalam bisnis? Dimana produk didistribusikan
di dalam negeri? Apa solvabilitas dan keandalan perusahaan dan barangnya? Saat
Anda melakukan penjualan, Anda pasti ingin bisa mengirimkannya.
Setelah
Anda setuju untuk mewakili produsen sebagai agen ekspor, Anda harus memiliki
kontrak tertulis dan ditandatangani untuk mengikat perjanjian ini. Pengacara
Anda harus menjadi orang yang menyusun kontrak ini - nanti Anda bisa
menggunakan yang sama, mengganti nama produsen lain.
Pada
dasarnya kontrak antara produsen dan Anda sebagai perwakilan ekspor. Anda
diberi hak eksklusif untuk mendistribusikan barang ke semua negara kecuali yang
telah mereka distribusikan.
Pabrikan
akan memberi Anda komisi spesifik yang dikutip ke distributor di atas harga
barang.Perusahaan juga akan menyediakan katalog dan contoh untuk penggunaan
Anda dalam distribusi.
Anda,
perwakilan ekspor, pada gilirannya akan berjanji untuk melakukan segala
kemungkinan untuk membuat kontak dan mendistribusikan barang pabrikan di
wilayah asing.
Ketentuan
kontrak kemudian harus dinyatakan: berapa tahun kontrak akan ditandatangani,
syarat pembatalan oleh salah satu pihak secara sukarela atau karena tidak ada
tindakan penjualan selama periode waktu tertentu.
Anda telah membuat kontak Anda dengan
distributor asing yang akan membeli barang dagangan itu. Anda memiliki
kontrak yang ditandatangani dengan pabrikan Amerika yang akan mengantarkan
barang. Mungkin salah satu distributor sekarang meminta penawaran yang
tegas mengenai harga sejumlah barang tertentu.
Anda
pergi ke produsen dan mendapatkan penawaran harga pada jumlah barang. Ini
harus berlaku untuk jangka waktu tertentu. Pabrikan mungkin setuju untuk
mengirimkan barang ke kapal, menangani barang ke titik itu, atau Anda mungkin
perlu membuat pengaturan dari pabrik.
Anda
menambahkan pada komisi yang Anda inginkan untuk harga barang. Kemudian
Anda menambahkan semua biaya tambahan untuk mendapatkan barang dagangan dari
pabrik ke gudang distributor.
Jika
Anda telah membuat kesepakatan dengan perusahaan impor / ekspor asing,
perwakilan mereka dapat mengambil alih pengiriman, membayar harga barang dan
komisi Anda. Itu yang paling mudah, tapi komisi Anda harus cukup rendah.
Jika
penjualan Anda ke perusahaan yang akan mendistribusikan barang grosir atau
eceran dari tempat tinggalnya, Anda harus mengatur semua transportasi.
Anda akan menjadi lebih terbiasa
dengan persyaratan pengiriman yang digunakan
dalam mengutip harga dan mengantarkan barang saat Anda mendapatkan pengalaman. Tanggung
jawab Anda berbeda dengan persyaratan perjanjian dan perintah. Periksa
dengan forwarder barang Anda untuk menjelaskan tanggung jawab Anda.
Sebuah
bill of lading adalah tanda terima untuk barang yang dikirim. Ini
ditandatangani oleh agen kapal atau kapal induk umum dan meyakinkan pembeli
bahwa barang tersebut dibongkar dalam kondisi yang sama dengan yang diterima. Inilah
dokumen yang harus Anda produksi agar bankir Anda melepaskan surat kredit.
FOB
berarti gratis di kapal. Penjual mengirimkan barang ke tujuan tertentu
tanpa biaya tambahan.Penjual menjamin dan bertanggung jawab sampai saat itu. Pembeli
mengambil tanggung jawab dan membayar biaya setelah itu. Misalnya, FOB New
York berarti kutipan harga penjual mencakup tanggung jawab penuh dan pengiriman
ke New York.
FAS
berarti gratis di sampingnya. Penjual mengantarkan barang ke kapal yang
akan membawa barang dagangan. Pembeli membayar untuk memuat ke kapal dan mengambil
tanggung jawab dari sana. FAS New York, misalnya, berarti penjual akan
mengantarkan dan menyimpan barangnya sampai mereka siap untuk loading ke kapal.
C
& F berarti biaya dan ongkos kirim. Penjual membayar biaya pengiriman
barang. Pembeli menjamin barang dagangan dan bertanggung jawab penuh
setelah tujuan.
CIF
berarti biaya, asuransi dan ongkos kirim. Penjual bertanggung jawab atas
nilai dan kondisi barang, dan membayar biaya asuransi dan pengangkutan sampai
pada titik tertentu. Pembeli bertanggung jawab dari sana.
Pengirim barang adalah orang yang
mengurus langkah penting pengiriman barang dagangan.Orang ini mengutip tarif
pengiriman, menyediakan informasi routing, dan memesan ruang kargo.
Pengirim
barang menyiapkan dokumentasi, asuransi pengiriman kontrak, kargo rute dengan
bea cukai terendah, dan mengatur penyimpanan. Mereka sangat berharga bagi
Anda sebagai agen impor / ekspor, dan penting dalam menangani langkah-langkah
dari pabrik ke tujuan akhir.
Mereka
dapat ditemukan secara online atau dengan arahan pribadi. Temukan
seseorang yang bisa melakukan pekerjaan dengan baik untuk Anda. Anda
memerlukan seseorang yang bisa Anda tangani, karena ini bisa menjadi hubungan
bisnis jangka panjang
Anda
memerlukan bantuan pengirim barang saat Anda membuat total harga penawaran
kepada distributor. Anda tidak hanya memasukkan harga pabrikan dan komisi
Anda - biasanya ditambahkan bersama-sama, namun Anda perlu memasukkan biaya
dermaga dan kereta, biaya forwarder, biaya pengangkutan laut, asuransi
kelautan, bea dan biaya pengiriman faktur, biaya pengepakan, atau biaya
tersembunyi lainnya
Berhati-hatilah
saat Anda mempersiapkan kutipan ini. Tentunya tidak profesional untuk
kembali ke distributor dengan penawaran yang lebih tinggi termasuk biaya yang
Anda lupakan. Anda mungkin membahas kutipan harga dengan forwarder barang
Anda untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan.
Biasanya
kutipan tersebut diperinci menjadi tiga kategori utama biaya barang, yang
meliputi komisi Anda; biaya pengiriman dari tujuan ke tujuan; dan
biaya asuransi.
Beri
tanggal kutipan berlaku, yang harus sama dengan tanggal yang diberikan pada
tanda kutip Anda. Anda mungkin juga menyertakan informasi tentang produk,
termasuk literatur penjualan baru.
Surat
resmi yang menyertai kutipan harga harus mendorong penjualan. Anda bisa
menginformasikan kepada distributor tanggal pengiriman segera setelah pesanan
diterima dan dikonfirmasi dengan letter of credit. Kirimkan surat dan
kutipan harga melalui surat tercatat untuk memastikan pengirimannya.
Surat kredit menghilangkan risiko
finansial untuk Anda, pabrikan, dan distributornya. Ketika distributor
Anda mengkonfirmasikan pesanan tersebut, letter of credit diambil dari bank
perusahaan tersebut ke cabang di Amerika Serikat atau ke bank Anda.
Surat
kredit ini mengkonfirmasikan bahwa dana tersedia dari distributor untuk
menutupi biaya yang sama dengan yang Anda kutip. Surat kredit yang tidak
dapat dibatalkan menjamin pesanan Anda tidak akan dibatalkan setiap saat. Bila
surat kredit itu juga dikonfirmasi oleh bank Anda untuk mengantarkan barang,
distributor yakin akan pengiriman. Setelah letter of credit dikonfirmasi
oleh bank, pertukaran mata uang juga dikonfirmasi, sehingga Anda tidak perlu
khawatir dengan fluktuasi mata uang.
Pada
dasarnya, bank memegang uang sampai semua dokumen pengiriman disajikan. Surat
kredit menyatakan syarat dan ketentuan untuk membuatnya legal dan dapat
dinegosiasikan menjadi uang, biasanya memegang bukti pengiriman barang. Pengirim
barang Anda membantu Anda mencapai semua dokumen tersebut. Ketika Anda
menyerahkannya kepada bankir, letter of credit berubah menjadi aset likuid
untuk kemudian Anda bayar kepada produsen dan semua faktur lainnya dari
transaksi tersebut.
Jangan
pernah bekerja pada janji. Anda tidak hanya mengambil risiko besar, tapi
juga membuat risiko buruk bagi semua orang yang terlibat dengan Anda. Surat
kredit adalah satu-satunya cara pasti untuk mentransfer pembayaran ini.
Ada banyak kombinasi orang dan metode yang
bisa Anda gunakan untuk mengantarkan barang yang dipesan. Bila Anda
menghasilkan kutipan harga untuk barang, Anda harus melewati semua langkah yang
akan diikuti oleh barang dagangan. Sekarang, sebelum Anda melanjutkan,
periksa lagi.
Apakah
Anda memiliki pesanan yang dikonfirmasi yang ditandatangani oleh perwakilan
resmi perusahaan pendistribusian? Apakah bankir Anda menyetujui surat
kredit dari perusahaan?
Bandingkan
jumlah letter of credit dengan jumlah yang dikutip untuk barang. Pastikan
mereka cocok persis. Atau, jika distributor memilih sejumlah penawaran
tertentu, periksa harganya lagi dan konfirmasikan jumlahnya.
Konfirmasikan
kutipan dan penjualan dengan produsennya, dan lakukan hal yang sama dengan freight
forwarder dan agen asuransi kelautan yang sedang Anda tangani. Lalu tindak
lanjuti.
Untuk
memastikan kualitas barang dagangan, beberapa produsen lebih memilih untuk
menangani pengiriman ke dermaga pemuatan, yang membuatnya lebih mudah bagi
Anda. Jika Anda menangani pengiriman darat, menindaklanjuti untuk
memastikan barang dagangan diambil dan tiba dengan selamat di tempat tujuannya.
Informasi
tentang tanggal barang dimuat ke kapal. Pabrik harus memilikinya diangkut
tepat waktu untuk menghindari biaya penyimpanan dermaga yang mahal.
Karena
semua kondisi penjualan harus dipenuhi agar sesuai dengan persyaratan letter of
credit, Anda memerlukan semua dokumen yang ditandatangani. Minta pengirim
barang atau kenalan Anda mendapatkan tagihan lading resmi untuk barang dagangan
setiap langkahnya - dari tujuan ke tujuan.
Setelah
Anda memiliki semua dokumen yang ditandatangani, sampaikan ke bankir Anda. Jika
semua syarat terpenuhi, dana akan dilepas. Karena komisi Anda adalah
bagian dari harga barang dagangan yang dikutip, biasanya Anda akan mengumpulkan
biaya dari pabrikan.
Bila
benar-benar lengkap, Anda mengumpulkan uang Anda - dan menghasilkan keuntungan
yang cukup besar untuk sekadar membuat koneksi. Pertimbangkan komisi jika
ada puluhan pesanan yang datang dan pergi.
Lihatlah barang-barang rumah tangga dan
peralatan yang Anda miliki di rumah Anda. Dibuat di Jerman Barat; buatan
Jepang; dibuat di Korea. Anda mungkin memiliki pakaian dari India,
sepatu dari Brasil, dompet kulit dari Italia. Mobil Anda mungkin merupakan
barang impor; peralatan stereo Anda dapat diproduksi di tempat lain. Ada
ratusan dan ratusan barang yang diproduksi di seluruh dunia, sekarang digunakan
oleh konsumen Amerika.
Pasar
sangat besar. Dan ada banyak perusahaan Amerika yang mencari barang
dagangan buatan luar negeri untuk didistribusikan. Beberapa item lebih
murah; ada yang lebih baik dibuat; ada yang diimpor karena dibuat di
negara yang sekarang modis dengan para desainer.
Apa
yang bisa Anda sentuh? Mungkin Anda punya kontak di Amerika Serikat,
distributor mencari barang tertentu. Dan Anda sudah melakukan kontak di
luar negeri yang memproduksi barang tersebut. Ikuti dan dapatkan sendiri
perjanjian distribusi eksklusif dengan produsen tersebut.
Mengimpor
membutuhkan ketekunan dan tindak lanjut yang sama seperti mengekspor. Anda
memerlukan kontrak yang ditandatangani dengan pabrikan untuk menjadi agen
tunggal yang mendistribusikan ke Amerika Utara - atau dunia, tergantung.
Anda
juga perlu mendapatkan penawaran harga perusahaan dari produsen dalam jumlah
yang diminta oleh distributor Anda. Kutipan ini harus diubah menjadi angka
dolar yang sesuai yang mewakili pertukaran mata uang.
Selidiki
reputasi produsen dan keandalan barang. Jika Anda mengimpor sesuatu
seperti komponen elektronik, periksa ke pasar distribusi lain, pabrikan harus
memastikan kualitas barang dagangan.
Komisi
Anda akan datang dari produsen asing. Mintalah bank Anda menyelidiki
solvabilitas perusahaan itu dan reputasi hidup sesuai kesepakatan. Karena
berada di wilayah asing, Anda akan memiliki lebih banyak masalah dalam tuntutan
hukum apapun, bahkan mengingat banyak hukum internasional.
Siapkan
kutipan harga. Paling mudah jika Anda meminta persyaratan pengiriman ke
pelabuhan negara tersebut. Pengirim barang Anda dapat membantu Anda
memindahkan barang dagangan dari pelabuhan itu, ke luar negeri, dan melalui
pabean domestik.
Ikuti
semua detail pengiriman. Pastikan untuk menyertakan asuransi, biaya
dermaga, tarif penyimpanan, dan pengiriman darat. Jangan mengabaikan apa
pun sehingga kutipan harga Anda kepada distributor Amerika akurat.
Itemize
kutipan dan berikan ke distributor Amerika. Setelah menerima pesanan
resmi, periksa kembali harga dan ikuti pengiriman.
Surat
kredit akan dikirim dari distributor Amerika ke bank pabrikan. Semua
persyaratan dan kesepakatan mengenai harga, pengiriman barang dan asuransi akan
ditentukan. Perwakilan pabrikan akan mengkonfirmasi penerimaan letter of
credit, yang akan melepaskan barang untuk pengiriman.
Minta
pengirim barang Anda menindaklanjuti pengiriman barang. Mereka mungkin
harus diangkut dari pabrik ke dermaga. Pengaturan pengiriman harus
dilakukan. Bea dan bongkar tugas perlu diikuti melalui pelabuhan Amerika. Kemudian,
barang mungkin perlu diangkut ke darat ke tempat tujuan akhir.
Begitu
barang sampai di tempat tujuan yang benar, surat kabar harus didokumentasikan
dan dipresentasikan ke bank yang memegang letter of credit. Kemudian,
semua operator dan agen harus dibayar, dan Anda mengumpulkan komisi Anda.
Setelah Anda menyelesaikan beberapa
transaksi penjualan untuk menetapkan diri Anda, Anda harus mempromosikan bisnis
impor / ekspor Anda untuk mendapatkan lebih banyak klien.Transaksi pertama
memberi Anda pengalaman untuk mempelajari tali bisnis, dan untuk membangun
kontak dan agen baik di sini maupun di luar negeri.
Bergabunglah
dengan organisasi perdagangan dan asosiasi perdagangan luar negeri untuk
mengembangkan lebih banyak kontak dan memperluas wilayah Anda. Bicaralah
dengan semua orang yang Anda hubungi tentang mengimpor dan mengekspor, belajar
dari kesalahan dan kesuksesan mereka.
Beriklanlah
di media cetak untuk distributor dan barang. Pabrikan tidak tahu bagaimana
cara membuat kontak untuk distribusi asing. Tunjukkan kredensial Anda dan
pilih kontrak eksklusif.Dengan sedikit pengalaman, Anda bisa memasarkan hampir
semua hal di manapun.
Keuntungan dari bisnis impor / ekspor
adalah jumlah barang yang diperdagangkan. Semakin tinggi biaya barang
dagangan, semakin tinggi keuntungan dari persentase Anda. Karena Anda
harus melalui semua langkah untuk setiap transaksi, membuat lebih banyak
penjualan secara terus menerus akan menambah keuntungan.
Kirim
surat konstan ke daftar kontak dan prospek awal Anda yang asli. Anda bisa
mengembangkan pendekatan penjualan. Ketika Anda mengembangkan lebih banyak
klien, Anda dapat meyakinkan perusahaan-perusahaan besar tentang reputasi Anda.
Hubungi
sebanyak mungkin produsen dan distributor yang ada di kedua sisi lautan. Dan
kuatkan kontak ini. Anda mungkin dapat menyusun kesepakatan dengan
seseorang untuk bekerja di negara tertentu untuk sebuah komisi. Atau, Anda
mungkin ingin melakukan perjalanan bisnis ke sana untuk bertemu secara pribadi
dengan berbagai perusahaan.
Dapatkan
informasi mendalam tentang produk yang sekarang jual. Mengapa produk
tertentu berhasil? Mungkin Anda bisa masuk ke pasar yang sama dengan
produk yang lebih kompetitif.Selidiki cara untuk menjual lebih banyak. Apakah
produk perlu dibuat lebih baik? Apakah mereka menjual lebih baik dengan
harga yang lebih rendah? Tahu apa yang menjual dan di mana mendapatkannya.
Bisnis impor / ekspor adalah perusahaan
dengan keuntungan tinggi. Karena biaya overhead yang rendah, sebagian
besar uang yang Anda hasilkan pada komisi adalah milik Anda. Tapi
membangun bisnis yang benar-benar menguntungkan membutuhkan dedikasi dan
pengetahuan bisnis yang baik.
Anda
memerlukan banyak kontak yang mengenal Anda, menghargai Anda, dan dapat
merekomendasikan pekerjaan Anda. Anda perlu memiliki agen yang baik baik
di sini maupun di luar negeri untuk membantu Anda menindaklanjuti pengiriman
barang. Anda memerlukan hubungan kerja yang baik dengan bank Anda sendiri
dan mungkin yang lain bahwa letter of credit masuk sebagai transfer cabang dari
kantor-kantor asing.
Jangan
tergesa-gesa untuk memesan. Selidiki produsen dan distributor untuk
memastikan produk dan metode penjualan bereputasi baik. Simak keterangan
pengiriman dan pembuatannya dari luar negeri. Setiap budaya bekerja dengan
cara tertentu. Kenali cara bekerja dengan orang-orang itu.
Bisnis
impor / ekspor bukan untuk semua orang. Tapi ini adalah operasi pribadi
yang bisa Anda jalani sendiri - Anda tidak perlu menjawab siapa pun. Imbalan
untuk bernegosiasi di luar negeri adalah kegembiraan, sentuhan eksotis, dan
potensi keuntungan yang besar. Bila Anda membuat kontak yang tepat dan
menindaklanjuti sepenuhnya dengan produsen terkemuka, perusahaan pelayaran yang
andal, dan distributor yang bertanggung jawab, Anda memilikinya.
Jika
Anda siap untuk menempatkan dalam waktu, menjual diri Anda. Mulailah
membuat pertanyaan dan kontak. Cobalah untuk ukuran. Apakah rasanya
enak? Kemudian BUATNYA BERHASIL.
Jika
Anda memerlukan saran atau bantuan khusus HUKUM mengenai hal ini, layanan dari
orang yang profesional dianjurkan.
Source :: https://www.foreign-trade.com/reference/impexp.htm
Arung Dwi Laksono