Popular Post

Popular Posts

Warehouse Management: 10 Tips For Smooth Operations






Menjalankan gudang manufaktur dan tetap berada di atas setiap detail memerlukan banyak waktu dan usaha.
Mari jelajahi 10 tip untuk membantu memperbaiki sistem manajemen dan menjaga agar gudang tetap beroperasi dengan lancar.


1. Organisasi adalah raja

Jika gudang Anda tidak terorganisir, produk yang masuk tidak akan menuju lokasi yang sesuai. Pemetik akan menghabiskan berjam-jam mencari produk. Anda harus membuat sebuah sistem yang mengatur materi Anda dalam urutan yang logis dan pasti.
Organisasi terbaik menyimpan bahan bergerak tercepat di depan dan berada di gudang Anda. Anda dapat meningkatkan efisiensi Anda dengan mengelompokkan produk yang biasanya dipesan secara berkelompok. Pertimbangkan bagaimana produk stok toko kelontong - jika Anda mencari roti, Anda tidak pergi ke aula susu.


2. Mulailah dengan penerimaan yang benar  

Ketika bahan masuk ke gudang Anda, mereka harus segera diverifikasi dan diperiksa. Kekurangan atau kerusakan membutuhkan notasi segera. Mendapatkan produk yang diletakkan di lokasi yang benar juga sangat penting. Bahan yang tertinggal dalam penerimaan mungkin ditampilkan seperti tersedia di sistem Anda, namun tidak benar-benar ada di rak.


3. Terapkan logika untuk memilih proses

Apakah gudang Anda kecil atau besar, jumlah waktu yang dihabiskan untuk memilih pesanan adalah sebagian besar dari biaya Anda.Jika gudang Anda diatur secara efisien, Anda dapat mengatur daftar pilihan untuk kontrol waktu yang lebih baik.
Jika Anda biasanya hanya mengirimkan sejumlah kecil pesanan dengan sejumlah besar produk, atur daftar sehingga pemetik dapat bekerja dari satu lokasi material ke tempat berikutnya dan hindari proses bolak-balik yang konstan.
Jika Anda mengirim banyak pesanan kecil, buatlah daftar pilihan dalam kelompok dan kemudian bagi materi pesanan pesanan saat mencapai tahap verifikasi.


4. Atur ulang bila dibutuhkan

Apa yang bekerja untuk gudang Anda hari ini mungkin tidak bekerja enam bulan dari sekarang. Evaluasi ulang metode inventaris dan penyimpanan Anda secara berkala untuk memastikan bahwa Anda mempertahankan aliran produk yang tepat.
Misalnya, produk yang mengambil dua rak penuh bulan lalu mungkin sudah usang. Produk di sampingnya mungkin tiba-tiba diminati.Ubah ruang yang dialokasikan ke materi Anda saat terjadi perubahan permintaan dan penawaran.


5. Gunakan kontrol kualitas

Saat produk dikirim ke stasiun pengiriman Anda, barang harus diverifikasi sebelum benar-benar dikemas dan diproses. Packers biasanya tidak punya waktu untuk memeriksa ulang setiap item. Bila masalah diidentifikasi, produk yang salah harus segera dikembalikan ke lokasi yang sesuai. Membiarkan sebagian besar produk yang salah menumpuk tidak hanya berantakan; itu bisa membuat kekurangan pada pesanan selanjutnya sedang diproses.


6. Simpanlah gudang Anda dengan aman

Menjaga lingkungan yang aman sangat penting untuk menjaga ketenangan pikiran. Anda harus memenuhi persyaratan tertentu, dan melindungi karyawan Anda dari cedera adalah tujuan utama. Kecelakaan bisa menelan biaya tenaga kerja terampil yang Anda butuhkan untuk menjaga agar gudang Anda tetap beroperasi.
Salah satu bidang yang sering membutuhkan perhatian adalah operasi forklift. Pastikan operator Anda terlatih dan Anda telah menetapkan jalur lalu lintas untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan.


7. Pertahankan pencahayaan yang sesuai

Gudang yang lebih terang tidak hanya memberi lingkungan kerja yang lebih aman namun juga meningkatkan kemampuan karyawan Anda untuk melakukan pekerjaan mereka. Lampu terang juga mendorong lebih banyak kewaspadaan untuk apa yang perlu dilakukan.


8. Latih staf Anda  

Karena proses perubahan dari waktu ke waktu pelatihan karyawan (baik yang berpengalaman maupun yang baru) akan selalu dibutuhkan. Jadwalkan waktu untuk pelatihan dan pelatihan ulang bila diperlukan. Bergabunglah dengan pelatihan silang sehingga karyawan Anda memiliki keterampilan untuk menangani lebih dari satu jenis pekerjaan. Jika satu karyawan tidak dapat bekerja maka karyawan atau karyawan lainnya tidak akan mengalami masalah dalam beberapa beban.


9. Gunakan perangkat lunak yang tepat

Anda memiliki sejumlah besar pilihan dalam perangkat lunak untuk penanganan material dan manajemen gudang. Program dapat digunakan untuk pengendalian persediaan, tenaga kerja, pemeliharaan peralatan, pengiriman dan lainnya. Awalnya Anda mungkin bahkan tidak memerlukan paket lengkap - cukup pilih program individu yang memberikan solusi tepat untuk perusahaan Anda. Banyak penyedia menawarkan uji coba gratis, jadi luangkan waktu untuk menguji apa yang akan bekerja untuk Anda.


10. Pastikan pengiriman cepat dan layanan pelanggan  

Apakah Anda menjalankan transportasi sendiri atau menggunakan operator luar, gunakan program pelacakan pengiriman. Anda perlu tahu di mana produk Anda berada, dan begitu pula klien Anda. Mampu memberikan informasi real time hanya akan meningkatkan layanan pelanggan yang Anda tawarkan.

Source:http://www.digitalistmag.com/lob/supply-chain/2014/12/29/warehouse-management-10-tips-smooth-operations-2015-01955276

Arung Dwi Laksono

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Aruru Write - World Of Dukre - Powered by Blogger - Edit by Aruru Daisuki -